M. Nafis Al-Mukhdi

@mnafisalmukhdi1

Blog

Nightwatching oleh Tracy Sierra

Posted by mnafisalmukhdi1 on Sunday, 21 April 2024

Other

Di Amerika Serikat, terdapat sebuah acara bincang malam bernama The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Dari namanya saja, sudah dapat diketahui bahwa Jimmy Fallon menjadi pembawa acara tersebut.

Sudah menjadi tradisi tahunan bagi acara The Tonight Show untuk mengadakan Summer Reads, dan beberapa tahun terakhir dinamai sebagai Fallon Book Club. Biasanya, sebuah buku dipilih oleh Jimmy Fallon berdasarkan beberapa saran, kemudian salah satu buku dipilih untuk dibaca bersama.

Suatu hari di tahun 2024, terinspirasi dari March Madness, sebutan bagi Turnamen Bola Basket Putra yang populer di Amerika Serikat, Jimmy Fallon memiliki ide. Sesuatu yang baru dilakukan olehnya. Dia mengumpulkan 16 buku, kemudian dibuat klasemen dan penonton acara bisa memilih setiap bukunya. Layaknya pertandingan biasa, 16 menjadi 8, 8 menjadi 4, 4 menjadi 2, sampai ada 1 buku yang terpilih untuk dibaca bersama.

Nightwatching oleh Tracy Sierra, terpilih menjadi buku untuk dibaca bersama. Novel debut dari pengarang debut yang resensinya sudah tersebar dan kebanyakannya bersifat bagus. Nightwatching by Tracy Sierra is the Fallon Book Club pick for Summer Reads 2024.

Tentunya, novel ini berbahasa Inggris. Tersedia di Amazon, Kindle, bahkan Google Play Books. Di Google Play Books harganya sekitar 216 ribu rupiah.

Genrenya adalah Domestic Thriller. Premisnya pun sederhana, sehingga pembaca lebih mudah membayangkan karena keterkaitan dengan sehari-hari.

“Seorang ibu yang mendengar suara di rumahnya. Dia tidak ingin mengganggu anak laki-lakinya yang tertidur, kemudian mengintip ke bawah tangga, tempat asal suara. Dia tahu siapa orangnya dan apa yang dia mau. Tersisa dua pilihan, apakah dia bersembunyi dengan anaknya di rumah, atau mencari jalan keluar segera.”

Aku mengintip sedikit Bab 1 dari Google Play Books. Sebagai pembaca pemindai, aku mengatakan bahwa sebagai pengarang debut, penggunaan show and tell begitu apik untuk genre thriller. Tell menjadi kalimat pembuka bab, dan show yang kemudian agar lebih mudah diimajinasikan.

Aku pribadi belum pernah mengetahui tentang Klub Buku, tetapi dari sini nampaknya menarik. Aku teringat melihat di Twitter, ada budaya sama untuk meningkatkan literasi. Sebuah klub buku virtual.

Aplikasi pembaca gratis seperti Ipusnas bisa menjadi media mereka. Akan tetapi, versi mereka, bukunya tidak ditentukan, namun hanya perlu melaporkan progres membaca secara berkala.

Pengetahuan baru. Ada klub menulis, yang aku sudah merasakannya, ada juga klub membaca, yang baru-baru ini tahu.

Oh ya, jika kamu ternyata membaca novel Nightwatching oleh Tracy Sierra ini, bagikan pendapatmu. Aku ingin membacanya.