Nafis' Blog

Puasa Menambah Takwa

Posted by mnafisalmukhdi1 on Sunday, 17 April 2022

Message

Bismillah. Walhamdulillah. Wash-shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah. Amma ba’du.

Telah berfirman Allah Subhanahu wa ta’ala, “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana kami mewajibkan kepada orang-orang yang terdahulu agar kalian bertakwa.” (QS. 2:183)

Telah bersabda pula Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, “Barang siapa yang berpuasa dengan iman dan mengharap pahala, diampunilah dosanya yang terdahulu.” (HR. Ibnu Majah:1631)

Dengan demikian, puasa Ramadhan yang sekarang kita jalani, adalah sebuah media untuk mencapai ketakwaan. Dengan balasan ampunan dosa, kita telah mengerjakan perintah Allah yang termaktub, “Dan bersegeralah menuju ampunan Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, disediakan bagi orang yang bertakwa.” (QS. 3:133)

Apa hubungannya dengan puasa, dan kenapa ibadah sesederhana puasa mendapat ganjaran yang begitu besar, dimulai dari ampunan dosa sampai surga yang luasnya seluas langit dan bumi?

Maka Allah menjelaskan, indikator orang yang bertakwa.

“Mereka yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya, dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. 3:134)

Dengan adanya puasa, kita dapat merasakan kesempitan yang dialami oleh faqir miskin. Mereka yang mempertanyakan makanan mereka. Sehingga alangkah baiknya kita tergerak untuk memberi infaq. Mereka adalah orang yang berhak untuk mendapatkan zakat wajib kita. (QS. 9:60)

Dengan adanya puasa, kita lebih mudah menahan segalanya termasuk amarah sehingga lebih mudah pula dalam memaafkan kesalahan orang lain.

Dan di bulan puasa pula, kita begitu termotivasi untuk berbuat berbagai kebaikan.

Semoga, tidak hanya di bulan Ramadhan. Kita terus bergegas menuju ampunan, agar Allah menjadikan kita sebagai orang yang bertakwa. Dan semoga kita berada di surga-Nya kelak. Amin.